arigetas

berbagi untuk sesama

Prosedur berobat untuk mahasiswa PSU kampus Hat Yai

Semua Postingan di blog ini sudah kadaluarsa. Semua postingan arigetas sekarang sudah ada di http://arigetas.com. Silahkan klik disini.

Beberapa hari yang lalu saya terkena cairan tubuh serangga dari genus Paederus, yang di Indonesia dikenal dengan nama “tomcat”. Sedangkan di Malaysia versi teman USM, serangga tersebut diberi nama “charlie”. ahahhaha. Bagaimanapun juga, serangga tersebut telah sukses mengantarkan saya berobat ke dokter untuk pertama kali selama saya tinggal di Hat Yai ini.

Waduh, gimana ya prosedur periksa gini di rumah sakit Songklanagarind untuk mahasiswa international seperti saya? Berikut tahapan yang saya lakukan kemarin. Pertama, datang ke Songklanagarind Hospital yang terletak di sebelah gerbang utama masuk PSU yang dekat perempatan Tesco Lotus.


Kemudian, silahkan mendaftar dengan menunjukkan kartu mahasiswa anda ke loket pendaftaran dengan mengisi Nama, Alamat, No HP, Nama Suami/Istri. Terakhir, isi nama dan alamat orang yang bisa dihubungi apabila ada tindakan darurat. Setelah itu, anda akan mendapatkan kartu kesehatan (kartu hijau) seperti ini:


Langkah selanjutnya, silahkan menuju Primary Care Unit (PCU) yang terletak di ruang paling timur

Serahkan kartu kesehatan (kartu hijau) anda ke perawat yang akan melakukan tindakan standar: menanyakan gejala, mengukur tekanan darah (tensi), suhu dan berat badan. Aktivitas di PCU itu seperti ini

Selanjutnya, tinggal antri diperiksa dokter. Oh iya selama diperiksa sang dokter langsung meng-entry di komputer berupa hasil pemeriksaan berikut resepnya yang langsung online ke loket pembayaran (kasir) dan apotek. Keluar dari ruang dokter, anda akan mendapat kertas panduan berupa urutan apa saja yang perlu dilakukan seperti ini:
Dari gambar diatas, total biaya periksa saya 156 THB. Yang perlu saya lakukan adalah No 1 pergi ke kasir loket 5-8 untuk membayar dan selanjutnya ambil obat ke apotek (pharmacy). Loket pembayaran (kasir 5-8) adalah seperti ini:

Setelah membayar, anda akan mendapat kuitansi tanda lunas.. Next.. menuju ke apotek alias pharmacy sambil membawa kuitansi tersebut di bawah ini. Oh iya,, perhatikan yang saya kotak kuning.. ada angka 25 dan 1757. Artinya di apotek saya musti mengambil obat di loket no 25 dengan nomor urut antrian 1757:


Ketika sampai di apotek loket 25, lihatlah layar monitor yang berada di atas dan pastikan nomor antrian anda (misal punya saya no 1757) sudah masuk rombongan yang dipanggil:

Terakhir, di loket 25 tersebut anda tinggal menunjukkan bukti lunas pembayaran dan obat yang telah disiapkan akan diserahkan ke anda, termasuk daftar  rincian obat yang anda terima:

Semoga anda senantiasa sehat sehingga tidak perlu berobat apalagi ketika di rantau.
Selamat berhari jumat.. 🙂

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: